March 21, 2022

Jadi Narasumber Dialog IKMS, Kasat Reskrim Polres Sinjai Jelaskan Upaya Dalam Menekan Angka Kriminalitas di Sinjai


Sinjai - Kapolres Sinjai yang diwakili oleh Kasat Reskrim Akp Abustam, SH.,MH menjadi narasumber dialog Sunday Morning Coffee yang digelar oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa Sinjai (IKMS) dengan mengusung tema” Gotong royong meningkatkan kondusifitas demi Sinjai yang Lebih Unggul dan Berkemajuan”. Bertempat di Warkop No Nem Coffee, Jalan Saweregading, Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara, Minggu (20/03/2022) pagi.

Selain Kasat Reskrim sebagai Narasumber, terlihat hadir Asisten II Setdakab Sinjai Andi Ilham Abu Bakar, Akademisi IAIM Sinjai Dr. Syukri Bur, Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin, perwakilan Kodim 1424, serta Camat Sinjai Utara, H. Sofwan Sabirin, Praktisi Hukum Khair Khalis Syurkati, serta pegiat sosial budaya, Zainal Abidin Ridwan.

Kegiatan Sunday Morning Coffee yang digelar IKMS dipandu Ahmad Ishak dengan maksud untuk menyamakan persepsi dan mencari solusi menyikapi beberapa kejadian yang terjadi di Kabupaten Sinjai, utamanya yang terkait masalah hukum dan kriminal, agar ke depan tidak terulang kembali.

Asisten II yang juga Plt. Asisten I Setdakab Sinjai, Andi Ilham Abu Bakar dalam sambutannya menyampaikan, tema gotong royong yang diusung panitia pelaksana memuat nilai hal yang sangat bermanfaat, karena hal tersebut merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan secara bersama- sama guna menumbuhkan jiwa kebersamaan, dan sosial yang tinggi di tengah- tengah masyarakat.

“Kami juga di pemerintah daerah telah menerapkan jiwa gotong royong, dan kebersamaan untuk dapat menyelesaikan program- program pemerintah, dan memberikan pelayanan kepada masyarakat”, Ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa prinsip gotong royong dalam hal keamanan dan kondusifitas adalah secara bersama-sama mengantisipasi kejahatan atau gangguan Kamtibmas yang akan terjadi di Kabupaten Sinjai.

“Karena Kepolisian tidak bisa sendiri menjaga stabilitas keamanan, makanya kita harus melakukan secara bersama, baik dari pemerintah, masyarakat dan elemen lainnya. Soal gangguan Kamtibmas akhir-akhir ini, memang lebih banyak berawal dari aktivitas minum minuman keras. Sehingga kami dari pemerintah daerah terus berupaya mencegah terjadinya aksi kriminal yang berawal dari miras ini. Misalnya memaksimalkan bahan baku Miras ini dengan mengolahnya menjadi gula aren dan gula semut,” jelasnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Sinjai Akp Abustam,SH.,MH menjelaskan bahwa pihaknya siap berkolaborasi dengan semua pihak termasuk IKMS, untuk mendorong peningkatan kesadaran hukum di tengah-tengah masyarakat.

Dan pada kesempatan ini pula, Kasat Reskrim Polres Sinjai juga menjelaskan upaya dalam menekan angka kriminalitas di Sinjai.

Hal senada dikatakan narasumber lainnya, Khair Khalis Syurkati,SH., MH yang menanggapi isu Kamtibmas di Sinjai dari perspektif penegakan hukum, pendidikan dan religi, serta sosial budaya dan kearifan lokal.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Business

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Sample Text

Theme Support