August 2, 2022

Polres Sinjai Melalui Bhabinkamtibmas Gencarkan Edukasi Pencegahan PMK Bagi Peternak Sapi


Sinjai – Dalam rangka pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) diwilayah Kabupaten Sinjai, Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Sinjai melaksaksanakan Door To Door System (DDS) diDesa Binaannya. 

Dengan turun langsung ke Desa Binaan masing masing guna mengecek dan mengkonfirmasi kepada peternak sapi atau binatang yang berkuku dua dalam rangka mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang merebak akhir-akhir ini.

Sesuai Arahan Kapolres Sinjai Akbp Rachmat Sumekar, S.IK.,M.Si untuk terjun langsung membantu masyarakat dalam mencegah PMK yang mulai menjangkiti hewan ternak sekaligus bekerjasama dengan kesehatan hewan terpadu guna menanggulanginya.

Dalam kegiatan DDS itu, seperti Polsek Sinjai Selatan melalui Bhabinkamtibmas Bripka H. Ilyas di Desa Bulukamase, Kecamatan Sinjai Selatan mengunjungi peternak sapi dengan mengecek sekaligus berikan imbauan. Selasa (2/8/2022).

Dalam kegiatan sambang yang digelar Bhabinkamtibmas menyampaikan sejumlah ciri-ciri hewan ternak yang terkena virus PMK panas tinggi, keluar air liur berlebihan, pelepuhan di gusi, lidah dan mulut, terlihat seperti sariawan, kuku kaki terlihat nodul dan, ternak mengalami kepincangan karena kuku terkelupas, serta ternak ambruk tidak bisa berdiri.

Untuk itu, Bhabinkamtibmas Bripka H. Ilyas menghimbau warga masyarakat yang memiliki hewan ternak, agar selalu mengantisipasi adanya ciri PMK dengan melakukan pencegahan.

Beberapa pencegahannya, yakni  dengan mengkarantina juga selalu memeriksa kondisi kesehatan hewan ternaknya dan memperhatikan pakan serta kebersihan kandang serta menambahkan garam beryodium untuk pakan ternak, menyemprotkan disinfektan pada kandang ternak.

Kemudian melaporkannya kepada aparat terkait bilamana menemukan adanya indikasi hewan ternak terkena virus PMK tesebut, Imbuhnya.

Kapolres Sinjai Akbp Rachmat Sumekar,S.Ik.,M.Si  mengatakan Bhabinkamtibmas dalam hal ini sangat dikedepankan untuk melakukan pengecekan hewan ternak di Desa Binaannya, Bhabinkamtibmas diharapkan menyampaikan sosialisasi dengan himbauan terkait Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Diharapkan masyarakat tetap tenang dan tidak panik dan tidak menjual hewan apabila tertular PMK, apabila mengetahui hewan ternak yang tertular PMK dan adanya kematian hewan yang tidak biasa agar segera menghubungi Petugas Kesehatan Hewan atau Bhabinkamtibmas maupun Polisi terdekat.

“Kami juga mengimbau pemilik peternakan sapi untuk waspada akan penyakit mulut dan kuku yang dapat menyerang ternak. Apabila ditemukan kasus tersebut agar segera melaporkannya. Harapnya.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Business

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Sample Text

Theme Support