November 14, 2022

Wakapolres Sinjai Hadiri Pemusnahan Barang Bukti Tindak Pidana Yang Telah Inkracht


Sinjai - Bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Sinjai, jalan jend. Sudirman, Kel. Biringere, Kec. Sinjai Utara,Kab. Sinjai, Wakapolres Sinjai Kompol Joko Sutrisno,SH mewakili Kapolres Sinjai hadiri acara pemusnahan barang bukti penanganan tindak pidana umum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (Inkracht Van Gewjisde). Senin (14/11/2022).

Pemusnahan barang bukti Tindak Pidana Umum turut disaksikan perwakilan Forkopimda, serta perwakilan kepala Rutan kelas IIB Sinjai. 

Kepala Seksi PB3R Kejaksaan Negeri Sinjai, Alim Bahri mengatakan kegiatan pemusnahan barang bukti tindak pidana hukum dari 18 perkara yang telah berkekuatan hukum tetap.

Belasan perkara tersebut diantaranya 6 perkara orang dan harta benda, 9 perkara Narkoba dan 3 tindak perkara umum lainnya selama kurun waktu Agustus hingga Oktober 2022.

"Barang bukti untuk perkara Narkoba yang dimusnahkan seberat 3,4235 gram beserta alat penghisap. Sementara barang bukti lainnya berupa senjata tajam, ponsel 3 unit, pakaian, bom ikan dan detonator," Ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Sinjai, Andi Zulkarnaen, SH, MH mengungkapkan dalam pemusnahan barang bukti tidak pidana umum merupakan kegiatan yang lazim dilaksanakan.

Yang mana keseluruhan dari tindakan pidana umum, dan sudah mempunyai kekuatan hukum tetap yang dirampas untuk dimusnahkan. Ujarnya.

"Pemusnahan barang bukti ini, disamping untuk melaksanakan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap, juga untuk menghindari penyalahgunaan terhadap barang bukti," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolres Sinjai bersama dengan tamu undangan lainnya turut serta memusnahkan barang bukti baik dengan cara, dibakar maupun ditenggelamkan dalam air dan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pemusnahan Barang Bukti.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Business

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

Pages

Sample Text

Theme Support